Hari Jum’at, disunnahkan melakukan hal-hal berikut agar mendapat keberkahan di hari jum’at.

- Jumat, 25 November 2022 | 08:20 WIB
sholat jamaah jum’at (pexel.com)
sholat jamaah jum’at (pexel.com)

URBAN JAKARTA - Hari Jum’at bukanlah hari biasa khususnya bagi umat islam, bahkan disebut sebagai hari terbaik oleh Rasullullah.

Abu Hurairah ra meriwayatkan kalau Rasulullah SAW bersabada : “Hari paling baik dimana pada hari itu matahari terbit yaitu hari Jum’at.

Pada hari itu Adam di ciptakan, dimasukkan surga dan di keluarkan darinya. Serta kiamat tidak akan berlangsung terkecuali pada hari Jum’at.(H.R Muslim)

Oleh karenanya Umat Islam khususnya kaum pria (Muslim) di Hari Jum’at, disunnahkan melakukan hal-hal berikut agar mendapat keberkahan di hari jum’at.

Baca Juga: Resep Salad Ala Resto Jepang Hokben, Mirip Banget Sama Aslinya

Berikut adalah amalan- amalan sunnah yang dilakukan di hari jum’at :

1. Membersihkan diri

Di hari Jum’at yang mulia ini, seorang muslim disarankan membersihkan diri dengan baik. Membersikan diri yang dilakukan antara lain mandi, potong kuku dan rambut, serta bersiwak sesuai hadits berikut,


Artinya: "Tidaklah seseorang mandi pada hari Jumat, membersihkan diri semampunya, memakai minyak rambut atau memakai minyak wangi kemudian keluar menuju shalat jumat dengan tidak memisahkan antara dua orang (di tempat duduk mereka di dalam masjid), lalu shalat semampunya dan diam ketika imam (khathib) berbicara/berkhutbah kecuali diampuni (dosa) di antara Jumat itu dengan Jumat yang lainnya." (HR Bukhari).

Baca Juga: Cara Membuat Martabak Telur dengan Isian Kornet Bumbu Kari, Mudah dan Sederhana

Halaman:

Editor: Alfian UJ

Sumber: youtube.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Variasi "Jatuh" Dalam Bahasa Sunda

Jumat, 2 Desember 2022 | 14:57 WIB
X