BEM UI gandeng Pemkot Depok berikan kiat Branding dan Pengolahan Limbah untuk UMKM

- Rabu, 23 November 2022 | 13:31 WIB
Panitia, dan peserta UI Youth Environmental Action (urbandepok.com)
Panitia, dan peserta UI Youth Environmental Action (urbandepok.com)

URBAN JAKARTA - Pada 20-21 November 2022, The 11th UI Youth Environmental Action (UIYEA) program unggulan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) memberikan sosialisasi kepada lebih dari 50 Usahawan dan Industri Kecil Menengah lewat program pengabdian masyarakat.

Sosialisasi yang diberikan berupa branding produk dan pengolahan limbah usaha.

Selama proses sosialisasi, The 11th UIYEA gandeng Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok.

Sosialisasi branding produk dan pengolahan limbah usaha yang dilakukan oleh UIYEA berawal dari keresahan akan kurangnya keterlibatan mahasiswa dalam kehidupan masyarakat. Ketua Pelaksana UIYEA, Brily Najmussabah, mengungkapkan bahwa peran mahasiswa sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Resep Es Ketan Hitam, Si Hitam Manis Penghilang Dahaga

Hal ini dilakukan untuk mendukung UMKM Go digital yang ramah lingkungan pada 2024. “Sekarang, dengan mayoritas pelaku UMKM adalah ibu-ibu, dimana pesaing mereka tidak hanya antar UMKM, tetapi juga anak-anak muda yang memiliki kecenderungan untuk memasarkan produk melalui media sosial." ungkap Brily

"Total baru ada 30% UMKM Indonesia yang Go digital per 2022. Dengan adanya perkembangan teknologi yang melesat, pemasaran lewat media sosial sangatlah dibutuhkan.

Akan tetapi, satu hal yang sering terlewat adalah bagaimana agar pelaku usaha mampu mengelola limbah yang ditimbulkan."

Baca Juga: Resep Onigiri Salmon untuk Bekal Enak ala Minimarket

Brily menegaskan "Untuk itu, pemberian sosialisasi branding usaha sekaligus pengolahan limbahnya, seperti me-recycle menjadi pakaian, adalah hal yang saling melengkapi dan memberi nilai ekonomi pada limbah yang biasanya terbuang.”

Halaman:

Editor: Alfian UJ

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Keunggulan Kuliah di Universitas STAN, Mari Simak!

Jumat, 2 Desember 2022 | 08:26 WIB
X