Akibat Lalai Mengganti Oli Kendaraan

- Kamis, 24 November 2022 | 21:06 WIB
Ilustrasi kendaraan  (Pexels)
Ilustrasi kendaraan (Pexels)

URBANJAKARTA.COM- Melakukan ganti oli mobil merupakan perawatan paling mendasar yang biasanya dilakukan oleh pemilik mobil. Sayangnya, kebanyakan dari mereka kurang peduli dengan waktu yang tepat untuk mengganti oli dan hanya melakukannya ketika kendaraan akan menempuh perjalanan jauh.

Lalu, apa yang terjadi jika oli kendaraan tidak kunjung diganti?

Jika oli tidak kunjung diganti, maka kualitas oli pada mobil akan menurun meskipun mobil tidak digunakan. Nah, untuk mobil yang jarang digunakan, namun sekalinya digunakan untuk menempuh perjalanan jauh atau jalan yang memiliki tingkat kemacetan yang tinggi, anda harus memperhatikan rpm pada mobil. Kenapa? Karena, meskipun mobil tidak bergerak saat kendaraan macet, tetapi mesin tetap bergerak sehingga pelumas tetap bekerja.

Baca Juga: Pendatang Baru Mobil Listrik di Pasar Otomotif, Kenalkan Si Jagoan Daihatsu Ayla EV!

Oli yang sudah lama tidak diganti mengandung kotoran yang akan beresiko menyumbat saluran oli, sehingga oli tidak mampu mengalir dengan lancar. Akibatnya, komponen mesin tidak memiliki suplai oli yang cukup untuk melumasi dan membuat usia pakai mesin semakin pendek.

Selain itu, kendaraan tidak akan berfungsi dengan maksimal, karena oli yang sudah lama akan menghitam dan menjadi kental, dan kehilangan sifat pelumasnya. sehingga meskipun oli dapat mengalir dengan lancar menuju mesin, namun tetap tidak bisa melumasi dengan maksimal.

Tidak terlumasinya mesin juga dapat mengakibatkan kinerja mesin semakin berat. Akibatnya mesin akan membutuhkan sumber tenaga tambahan yang berasal dari bahan bakar, sehingga bahan bakar pada kendaraan akan menjadi boros.

Baca Juga: Canggihnya Teknologi AR dan VR pada Industri Mobil, Bisa Lihat Maps di Kaca Mobil!

Mesin yang tidak terlumasi secara maksimal akan menjadi panas akibat daya gesek yang cukup besar. Selain itu, oli sangat berfungsi sebagai salah satu sistem pendingin mesin mobil, Ketika oli tidak bekerja secara maksimal, maka kendaraan akan mengalami overheating.

Halaman:

Editor: Liony A.D

Sumber: tunastoyota.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mobil Listrik Murah Yang Bisa Jadi Pilihan !

Sabtu, 26 November 2022 | 02:13 WIB

4 KELEBIHAN MOBIL TOYOTA FORTUNER

Jumat, 25 November 2022 | 17:12 WIB

Beli Mobil Bekas? Yuk Intip Tipsnya Sekarang!

Jumat, 25 November 2022 | 16:58 WIB

Harga Mobil Listrik Murah, Mulai Dari 75 Juta!

Jumat, 25 November 2022 | 14:24 WIB

Cara Merawat Mobil Kita Selama Musim Hujan

Jumat, 25 November 2022 | 14:19 WIB

Simak, ini Kelebihan Mobil Listrik

Jumat, 25 November 2022 | 14:14 WIB

NSR 150 SP, Motor 2 Tak Honda yang Fenomenal

Kamis, 24 November 2022 | 21:21 WIB

Akibat Lalai Mengganti Oli Kendaraan

Kamis, 24 November 2022 | 21:06 WIB
X